Rabu, 03 Oktober 2007

JANGAN LIAT TAMPANG..!!!!

Sebenernya c cuma intermezo aja, sebuah pengalaman yg pernah gw rasain yg akhirnya ngebuat mata dan pikiran gw menjadi lebih terbuka lg tentang dibalik sesosok orang...
begini ceritanya :
liburan semester kemarin kan gw pulang ke jakarta dan pada suatu hari gw janjian ma sodara gw di blok M.

awalnya gw mau naik Bus way, tp klo dr t4 gw (kampung melayu-red) mesti 2x transit n makan waktu lama bgt gt...akhirnya gw lebih memilih naik bus kota arah kampung melayu-blok M. gara2 busway, mayoritas bus jadi dikit penumpang. gw dpt bus yg sepi n t4 duduk pewe bgt (dkt jendela n sendiri pula duduknya). akhirnya bus pun melaju menuju blpk M. Ga brapa lama naiklah seorang pengamen bertampang preman.. banyak codet dimukanya, dandanan nya menyeramkan dan nakutin bgt. karena bus dijakarta terkenal bnyak copet ataupun rampok, gw dah takut bgt, scara gw cuma pergi sendiri n ga banyak penumpang pula. akhirnya untuk membuat nyaman dan mengantisipasi supaya gw ga di apa2in, gw mengambil posisi semenjorok mungkin supaya tuh pengamen ga bisa liat gw, terus gw merem n pura2 tidur biar dia ga ngubris gw. setelah ucapan pembuka sang pengamen selesai dia mulai gonjreng2 gitarnya, awalnya gw ga tau itu lagu apa, karena intro nya ga jelas. tapi begitu dia mulai nyanyiin lirik pertama lagu nya, gw kaget setengah mati. pengamen yg udah gw takutin dan gw duga2 jahat,

nyanyiin lagu rohani kristen. awal lagu yg pertama lirinnya gini : hari ini kurasa bahagia, berkumpul bersama saudara Seiman, trus reffnya gini : Bergandengan tangan dalam kasih dalam satu hati... lagu kedua judulnya Sejauh timur dari barat n lagu ketiga judulnya Seperti rusa rindu... ( buat yg kristiani pasti tau lagu2 ini ).
gw langsung melek n ngeliat pengamen bertampang preman itu nyanyiin lagu2 nya dengan senyum iklas.. SUMPAH gw ngeras jahat bgt.. gw dah nganggep tuh pengamen jahat hanya karena tampangnya nyeremin n kaya preman...
itulah salah satu sifet jelek manusia yg selalu menilai orang cuma dr tampang, cuma dr penampilan luarnya, tanpa berpikir sedikitpun adanya kemungkinan2 dibalik semua itu.
kali aja codet dimuka tu pengamen ada karena dia berantem ma berandalan untuk membela keluarganya, atau temannya, atau dia pernah dikeroyok preman beneran hingga akhirnya dia terpaksa berdandanan ala preman supaya ga dijahatin orang. atau mugkin dia cuma mampu berdandan seperti itu karena hanya mampu membeli baju2 yg seperti preman. mungkin uangnya dipake untuk menghidupi keluarganya...
Siapa yg tau c apa yg harus dia tanggung?
meski mungkin kemungkinan2 yg gw ungkapakan diatas td belum tentu bener, plg tidak gw sudah mencoba untuk berpikir positif, lagipula gw mendapatkan sebuah pelajaran lain dr dia, pengamen yg gw sangka preman itu seolah2 Menampar muka gw sekenceng2nya.. karena pada hari itu adalah hari minggu dimana seharusnya gw ke gereja. tp gw malah maen ke Blok- M n dah sangat berpikiran negatif ttg orang hanya karena ngeliat tampangnya aja. pada saat itu juga, gw berpikir kalo orang yang dah gw sangka jahat atau mafia merupakan perpanjangan tangan Tuhan. Tuhan bekerja untuk mengingatkan gw atau penumpang yg ada di bus melalui pengamen bertampang preman ini. alangkah mahadahsyatnya memang ya Tuhan tu. Ia bekerja secara tidak langsung namun melalui relitas sosial yg ngebuat kita berpikir, belajar dan mengambil hikmahnya sendiri..
untuk menebus kesalahan karena gw dah berprasangka buruk ke pengamen itu, gw akhirnya memberi uang lebih. apalah artinya uang yg tidak begitu banyak dr gw untuk dia dibandingkan pembelajaran dan hikmah yg gw dpt melalui orang bertampang preman ini... bener2 ga sebanding uang yg gw kasih dibandingin hal2 yg gw dapet karena dia..
meski di bus itu panas bgt, gw ga nyesel ataupun ngeluh karena gw bisa bertemu orang seistimewa itu.. kali aja dia sebenernya malaikat tanpa dia sadar.. meski dia hanya seorang pengamen bertampang preman, gw menganggapnya sebagai perwujudan malaikat...
negatif thinking itu emang ga salah, tp gunakanlah pada porsi yg tepat.. gunakan hal itu untuk kita waspada, karena kita ga pernah tau apa yg akan terjadi...
namun alangkah baiknya lg kalo kita bisa selalu positif thinking, karena selain sehat, kita juga bisa mendapat pembelajaran yg sangat indah dari hal itu. kita ga pernah tau kalo hanya melihat permukaan aja, ada baiknya kita memikirkan kemungkinan2 yg ada dibalik atau dibawah permukaan itu...
maka gw setuju bgt adannya asas hukum negara kita, yaitu PRADUGA TAK BERSALAH...
yuk bareng2 kita terapin itu... karena gw ataupun kalian semua bisa belajar dari setiap realitas hidup yg ada...

semoga kejadian yg gw alamin ini bisa menjadi pembelajaran buat kalian semua..


regards...
-sha-


2 komentar:

saya mengatakan...

hehehehe..manusiawi banged sih yang elza lakukan, sense sebagai manusia untuk berlindung dari bahaya walaupun akhirnya elza tau kalau pengamen metal itu berhati rinto.hehehe.
Spakat sama asas praduga tak bersalah (bukan karena saya mentang2 jebolan fakultas hukum.hehe). Tapi (ada tapinya nih) saya lebih sepakat sama asas praduga tak bersalah yang tetap waspada. Maklum mbak Elz, dewasa ini memang kita harus peka sama sekitar. Ada yang tampangnya alim-alim aja, eh ga taunya maling sepatu di mesjid (pengalaman lihat sidang di pengadilan negri sukoharjo sewaktu KKN dl).

hime of diary mengatakan...

hahahahha, brati ati2 tuh sama sendal2 sampeyan... kalo pas ngamuk di pengadilan, bisa diambil paksa lg sendal or sepatu yg nonton..