Senin, 29 Oktober 2007

KALAU SAYANG, KENAPA HARUS KASAR?

Ini sebuah intermezo lagi..
Kemaren, gw ma pacar gw maen ke Taman Pelangi yang diadaiin di Monjali selama bulan Oktober 2007. Disana itu, diadaiin acara semacam pasar malem tapi lebih mewah dan emang Target pasar primer adalah keluarga yang mempunyai anak-anak kecil. Kaya taman bermain atau Taman Ria gitu deh...
Disana banyak orangtua yang dateng dengan anak nya. Mereka semua terlihat senang dan antusias banget main dibanyaknya arena permainan.
Lalu ketika gw istirahat di jembatan yang menuju pintu masuk Monjali, disebelah gw ada orangtua yang belum begitu tua sambil membawa anak cowok yang perkiraan gw berumur 7 tahunan gt. Gw foto2 ditempat itu, sementara keluarga kecil itu berbicara dengan agak"panas" suasananya. tapi gw ga tau mereka ngomongiin apaan.
Tiba-tiba sang ayah menampar anaknya keras bgt, ampe anak itu hampir jatoh. Anak itu lalu langsung memeluk sang ibu yang menurut gw sedari tadi menahan tangis (agak berkaca-kaca matanya). Sang ibu lalu mempererat pelukan anaknya dan menangis kecil. Setelah itu, ibu muda itu mengajak anaknya pergi untuk melihat-lihat arena permainan lain dengan tujuan menghibur anaknya, sementara sang ayah hanya merokok saja.
Gw n mas gw cuma pandang2an. Miris bgt gw liat kejadiaan itu. Dan gw tambah miris, ketika sang ibu melihat itu, dia hanya mampu terdiam, hanya mampu menangis. Kalau gw ada diposisi sang ibu, gw langsung tabok balik suami gw n ceburin ke sungai yang ada dibawahnya itu.
Biarbagaimanapun nakalnya seorang anak, tetap ada batasannya untuk menghadapi anak. Kalopun hatus terpaksa memukul anak, ya kira-kira aja dong!!! Tu bapak mukul anaknya, dah seperti nempeleng. Udah kaya lagi ngehajar maling. Bayangin aja coba, dia bisa-bisa nya menempeleng anak sendiri didepan umum, didepan banyak pasang mata. Gmn coba kalo dirumah??? Bisa babak belur kali tuh sang anak. Kalo ma anaknya aja tega, berani gw jamin pasti istrinya juga menjadi korban kebrutalannya..
Ga lama setelahnya, sang ibu dan anak balik lagi. Ayah brutal itu masih tetep aja menangkring diatas jembatan sambil ngerokok (rasanya gw pengen ceburin aja tuh manusia). Dan yang gw heran, si anak malang itu udah ketawa-tawa sama ibu nya. Ibunya juga ketawa meski keliatan bgt tawa itu sangat terpaksa. Gw bisa ngeliat kepedihan di mata sang ibu.
Gw dan ade gw juga sering dimarahin ma bonyok gw, dan gw ataupun ade gw sedih banget bahkan sering kita ngambek dan manyun gara2 diomelin. Padahal itu cuma diomelin. Syukurnya Bonyok gw ga pernah melakukan tindak kekerasan ke anak-anaknya.
Tapi anak ini sudah sangat2 diperlakukan kasar, namun sedetik kemudian dia bisa tersenyum lagi, tertawa-tawa. Seolah-olah dia ga pernah disakiti oleh orang yang dia sayang.. Gw ga tau apa dia memaafkan perlakuan ayahnya atau tidak, tapi yang gw tau, anak ini sangat tangguh, anak ini tidak merasa perlakuan ayahnya sebagai sebuah gangguan yang berarti, dan gw sangat ngerasa ga ada apa2nya sama dibanding ini. Betapa hebatnya anak lelaki kecil ini.
Buat gw, kejadiin ini sebuah pelajaran hidup lagi buat gw. Banyak banget yang bisa gw syukuri dalam hidup gw ketika gw liat kejadiian ini didepan mata gw. Gw bersyukur memiliki orangtua yang tidak pernah berbuat kasar ke anak-anaknya (nyokap gw pernah mukul gw wktu gw kecil karena gw bndel, tapi abis itu yang nangis kejer bukannya gw tapi malah dia, he2, dan akan gw inget sampe kapanpun kejadiaan ini). Gw bisa belajar dari anak kecil tadi, bahwa biar bagaimanapun jeleknya orangtua kita, kita tetap harus bisa memaafkan mereka, harus tetap menyayangi mereka dan menghormati mereka.
Gw juga belajar sebagai seorang perempuan yang nantinya akan menjadi seorang ibu, bahwa gw ga boleh kalah sama lelaki ataupun suami gw. Meski gw tau gw harus menghormati dan menurut pada suami, namun tetep aja, ga selamanya suami atau lelaki itu bisa menjadi teladan.. Jadi biarbagaimanapun, selain gw harus menurut pada suami gw kelak, tetep aja gw juga harus berkata TIDAK atau SALAH ketika dia melakukan yang tidak benar, bukan berarti gw mau ngelawan suami tapi gw atau anak gw nanti memiliki hak untuk ngerasa nyaman dan bahagia sementara suami gw memilki kewajiban untuk ngelindungi anak istrinya, bukan malah mengasari dan membuat ga nyaman, seperti yang dilakukan Ayah brutal tadi (bener de, rasanya pengen gw ceburin tuh orang).
Gw pernah denger pepatah yang mengatakan bahwa "cinta anak sepanjang galah namun cinta orangtua sepanjang jalan". Namun setelah gw liat perilaku anak kecil tadi, gw jadi belajar bahwa ternyata ga semua anak yang cuma sepanjang galah aja cintanya ma orangtua, ga cuma anak aja yg durhaka ma orangtua. Toh kita tau banyak orangtua yang ninggalin anaknya, memperkosa anaknya, menjual anaknya, menjadikan anaknnya yang masih kecil sebagai tulang punggung yg mengharuskannya menafkahi orangtua itu (pengemis kecil dijalan kan gitu), sementara sang orangtua berleha2 menunggu hasil kerjaan anaknya untuk dipakai foya2. Jadi menurut gw, ga selalu anak yang durhaka ma orangtua, tapi juga ada beberapa fenomena orangtua durhaka sama anaknya.
Gw sekarang jadi kepikiran sama anak dan ibu tadi dan akhirnya gw juga mikirin buat orang-orang yang senasib ma mereka (baik yang gw kenal ataupun semua orang yang mengalaminya), apa yang saat ini sedang terjadi dengan mereka? Saat gw nulis ini pun gw kepikiran mereka, apa mereka sekarang sedang tertidur pulas atau sedang diperlakukan kasar ma suami atau ayah mereka? Banyak banget ya ternyata yang lebih buruk nasibnya dibandingin kita, jadi seharusnya kita selalu merasa bersyukur atas apa yg kita miliki dan yg terjadi dalam hidup kita ini, meski memang tidak sedikit yang lebih baik hidupnya dibanding kita, tapi BANYAK JUGA YANG HIDUPNYA LEBIH BURUK DIBANDINGKAN KITA...

Gw jadi mikir lagi, katanya semua orangtua SAYANG sama anaknya,
Namun, kalau sayang kenapa harus KASAR?

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Menurut saya, itu bukan sayang tapi egois. Kalo sayang harusnya tidak memaksakan kehendak atau kasar seperti yang dibilang mbak :D

Anonim mengatakan...

Bisa kesini? wah itulah hebatnya blogosphere...tiba2 aja nemu blog ini dan nulis komen :)

Anonim mengatakan...

*injek injek tu bapak*

@ hedi :
hedii, ni adekku..!! jangan macem macem..!!
hehhehe..
paling jg nemu di blognya balibul

Anonim mengatakan...

KDRT tuh...

Laporin aja ke polisi...

^_^

* /me ga suka kekerasan...

Btw, salam kenal ya..

hime of diary mengatakan...

@hedi
ya benar, dasar bapak yg egois n ga sayang ma anak istri

@tikabanget
wah mbak, aku aja pengen bgt nyeburin tu orang ke sungai yg ada dibawah kita. he2, mas hedi tu temenmu ya ternyata?

@rystiono
iya tu mas, KDRT. yuk laporin aja bapak kurang ajar itu..
lam kenal juga..

Anonim mengatakan...

Seorang bapak ditangkap oleh pihak yang berwajib karena diduga suka menganiaya anaknya sendiri. Saat ini tersangka ditahan di kantor polsek setempat, untuk mencegah ancaman dari seorang mahasiswi perguruan tinggi di Jogja yang katanya mau menceburkan dirinya ke sungai. Tersangka diduga menderita tekanan jiwa kompleks, karena tuntutan hidup yang semakin berat. Pihak kepolisian akan menjerat tersangka dengan pasal berlapis, diantaranya Pasal 3xx KUHP dengan ancaman hukuman XX tahun penjara.

Anonim mengatakan...

TULISAN YANG BAGUS...
jujur nih..

Sepertinya si mbak ini cocok dengan tulisan interpersonal skill yak :)

oh lupa ..
salam kenal

hime of diary mengatakan...

@ trieztyant
hahahaha, sial lo lih, kaya apaan aja gw.
btw thx ya commentnya..

@leksa
wadaw, apaan tuh tulisan interpersonal skill? maklum pemula nie..he2
terimaksih atas pujiannya. jd enak hati dan tersanjung nie..
thx ya. lam kenal jg

eh me lee mengatakan...

hay khekeke akhirnya ada waktu jg gw bwt baca blog lw hehehe c ibu yg 1 ni rasa sosialnya tinggi bgt hehehe..peduli bgt ma keadaan di skitarnya..wuih ntar kl gw ad waktu n inspirasi gw jg post deh...ntar lw visit blog gw jg otre bu??hehe gw ja br bikin accountnya hehe biasanya w postnya di fs seh hehehe

Anonim mengatakan...

Dek Elza sekarang dah banyak berubah. Salut & Kagum!
Koment utk ceritamu:
Tidak ada yang perlu aku tulis lagi, karena pendapatku mengenai peristiwa itu udah sama dengan apa yang dek Elza tulis. Terus lah berdoa buat orang2 yang sedang menderita.
:)

hime of diary mengatakan...

@ eh me lee : duhhh gw kalap ma fb jd lupa kl gw punya blog.. br buka lg neh..
rasa sosial yg tinggi? masa c? tp mgnk jg itu sebabnya gw studi di ilmu sosial. hehehe. btw, blog lo apa say? ntar gw visit deh...

@ mas koko : thanks bgt ya mas. kita relatif singkat ketika dl dekat, jd wajar kl ada banyak hal yg kita ketahui ttg pribadi kita masing2.. selalu aku mendoakan org2 yg menderita.. semangat jg ya mas koko..

saya mengatakan...

wah, rasanya ingin ngebelebekin tu bapak di air sungai itu saat baca ni postingan.hahahha (tolong jgn divisualisasikan dan ditiru, juz kiddin').

Kekerasan yang lakukan ke anak tidak akan memberikan pengaruh yang baik bagi si anak. Si anak akan diam-diam memupuk mentalitas kasar karena tidak memiliki figur ayah yang berhati lembut, figur laki-laki yang nntinya dia juga akan menjadi sosok itu.

Intinya, kalau kita bisa saling berkata-kata dengan bahasa kelembutan, kenapa mesti dengan bahasa tamparan atau gaplokan atau apalah nama bahasa yang menunjukan sisi kasarnya. Justru akan menjadi embrio dari hal-hal buruk.

Pelajaran kita juga, untuk laki-laki (supaya bisa lebih bijak sebagai pemimpin keluarga) dan pelajaran bagi perempuan (supaya pinter milih calon suami.hehehe).

hime of diary mengatakan...

@ dara : jiagghhh itu yg ada cari2 suaminya kayanya curhat tuhh... hehehee